berbagi cerita di dunia maya

minggu subuh itu aku paksain untuk bangun, bunyi alarm sukses membuatku terjaga untuk segera bergegas hehe… biasanya juga sampek bosen itu alarm meraung juga gak mempan membuatku bangun ­čśÇ
hari itu aku kebagian ngasi pelatihan blog di daerah jembrana, gawe gede yang sedang berlangsung sebenarnya adalah pelatihan jurnalistik yang diadain temen┬▓ pers akademika dan sloka institute, tapi kemudian menggandeng BBC untuk ngasi pelatihan blog yang diharapkan nantinya semakin banyak informasi yang tersebar di dunia per-internetan, yah pokoknya kira┬▓ begitulah. sebenarnya pelatihan di jadwalkan jam 3 sore, tapi team kami yang ke jembrana memutuskan untuk menikmati dulu snorkling di pulau menjangan plus ayam betutu men tempeh yang terkenal pedas itu, itung┬▓ bonus buat kami yang kejatuhan lokasi yang bisa dibilang jauh, 3jam dari denpasar.

kami datang di lokasi pelatihan (sma 1 negara) sekitra jam 2 lebih banyak dan langsung menuju tempat yang disediakan, kami jadi banyak was┬▓ pada pandangan pertama melihat kondisi Lab yg diperuntukkan pelatihan, pasalnya koneksi internet yang jadi kebutuhan primer pelatihan ini cuman tersedia untuk 2 komputer doang, tambah nelangsa ketika seorang guru yang kebetulan disana bilang “untuk 1 komputer aja sudah lelet lho mas” , hah┬á o gh mai jost bahaya ini !! tapi apapun itu yang penting terlaksana dululah, langsung saja identifikasi network kami lakukan dan diputuskan untuk membagi lagi koneksi itu melalui wireless access point yg kami sengaja bawa, sukurnya beberapa komputer di lab itu terdapat wireless card, setelah melalui beberapa kali test akhirnya bisa juga koneksi itu di bagi melalui AP, oh iya pelatihan kali ini bertajuk “Workshop Jurnalistik dan Pelatihan Blog tingkat SMA/SMK se-Bali“.

jam 3.10 pelatihan dimulai, sesi pertama adalah penjelasan mengenai blog melalui slide show powerpoint yang di pancarkan melalui LCD proyektor, sampai tahap ini tidak terdapat kendala sedikitpun hingga ketika masuk ke sesi pembuatan blog yang langsung dipraktekkan oleh audience, masalah muncul pada saat membuka email untuk mencari aktivasi account wordpress, ah ini yang paling kami takutkan, internet ngesot abis…. jadi inget beberapa waktu lalu ketika digembor┬▓kan Jimbarwana Network di bumi makepung jembrana ini, okelah infrastruktur sudah ada tapi kalo kualitasnya semacam ini ya sama saja pak !!! guru yang aku temui itu juga bilang “awalnya kami sudah deal dengan salah satu provider internet mas, tapi tidak dibolehin dan harus menggunakan J-Net, dan katanya juga minggu ini disini mau di prioritaskan tapi kok tetep saja lelet ya?”. akhirnya kami putuskan untuk fokus pada salah satu komputer yg sengaja kami pasangin koneksi sendiri (bawa sendiri) dan kami sambungkan ke LCD proyektor, sementara peserta sambil sabar nunggu loading halaman web kami anjurkan untuk mengikutin melalui modul yang telah kami bagikan. antusiasme mereka tidak menyurutkan semangat kami untuk meneruskan pelatihan ini meski kendala paling vital telah kami alami. pelatihan itu kami tutup dengan menyisakan kekecewaan mendalam, karena target kami sebenarnya adalah sampai peserta berhasil membikin satu tulisan dan mempostnya di masing┬▓ blog yang sudah dibikin tapi musti mandek pada tahap aktivasi account lewat email, cuman 2 orang yang berhasil aktivasi tapi blom sempat untuk posting tulisan di blognya, hugh !!! rasa kecewa juga sangat jelas kami lihat pada raut muka adik┬▓ itu, kasian memang, tapi kami janjikan untuk membantu sebisa mungkin melalui email ataupun messenger mengenai apapun yang menyangkut blog, happy blogging kawan┬▓ semua, Merdeka !!!

terakhir dari saya, semoga infrastruktur yang telah dibangun itu tidak sia┬▓ hanya karena masalah koneksi yang sebegitu ngesotnya.

keluh kesah team lain bisa dibaca di sini dan di sana tau juga di mari.

8 comments ↓

#1 Winarto on 02.24.10 at 2:15 pm

Semoga tanggal 7 nanti lebih baik

=========================
me > iyo mas, semoga lebih baik ­čÖé

#2 a! on 02.24.10 at 2:29 pm

di mana2, monopoli memang harus diakhiri. sekolah di jembrana harus diizinkan pake provider lain kalo Jnet memang payah.

*sekadar usul utk pak bupati..

#3 Agung Pushandaka on 02.24.10 at 2:59 pm

Ndak beda jauh dengan cerita di Klungkung. Semoga sukses untuk BBC di acara selanjutnya pada tanggal 7 Maret nanti!

#4 PanDe Baik on 02.24.10 at 6:24 pm

Absen dulu Gan… ­čÖé

#5 Pelatihan Itu Terkendala Koneksi | Winarto's Hermitage Abode on 02.28.10 at 9:04 am

[…] yang ditulis oleh Bowo Thelo, menuliskan cerita pelatihan ngeblog di Jembrana dengan judul tulisan Berbagi Cerita di Dunia Maya. Sorotan tentang koneksi internet yang “ngengek” tidak luput dari […]

#6 noped on 02.28.10 at 3:26 pm

Lain kali bawa peralatan tenpur dong wok dari dps, kerahkan temen-temen yg ada di isp, kan buat jaga”

Sukses terus BaliBlogger

#7 ike on 03.06.10 at 1:16 pm

wahhh nice activity, lanjutkan!

#8 Tumik on 03.09.10 at 4:30 pm

ha, so surprise..
kirain cuman suster aja yang bisa ngesot, ternyata internet juga bisa ngepot. hehe..
semangat!!

Leave a Comment