Host ‘localhost’ is not allowed to connect to this MySQL server

pernah ngalamin kek gitu gak “Host ‘localhost’ is not allowed to connect to this MySQL server”, minggu yang lalu komp kantor ngalamin kejadian kek gitu, niy komp aku fungsikan sebagai intranet server jadi apache n mysql jalan di situ. awalnya siy fine2 aja alias ga ada masalah dengan intranet, trus aku iseng-iseng pasang comodo firewall. setelah setting permission di comodo firewall, restart komp deh !!!. karena merasa ga ada masalah ya nyantai2 aja sampe sore, eh giliran mo bikin report ternyata intranetnya ga jalan dan pesan error yg dimunculkan kek gini “This site is temporarily unavailable.” klik sana klik sini akhirnya nemu dimana errornya 8-} pertama kali neh ngalamin hal kek gini.

at last browsing nanya ma uncle google :D, udah banyak petunjuk yg me lakukan sehubungan dengan error ini bueh… ngeselin buangettttttttt!!! ga ada satupun yg bisa nyelesein masalah. ada yg suruh install ulang, ada yg bilang bugs mysql, ada yg bilang karena firewallnya ngeblock, bla bla bla…….!!!

yg aku lakuin, ilangin pembawa sial yang tidak lain dan tidak bukan adalah comodo firewall πŸ˜€ kenapa aku bilang pembawa sial abis sebelum install itu ga ada masalah kok ma intranetnya=)). tapi ternyata gak ngrubah apa2 alias tetep aja error yang sama :(( mulai deh tangan jahil dengan klik sana klik sini ga nentu pokoknya nyari gimana bisa beres n bisa bikin daily report lagi πŸ˜€ tambatan terakhir aku maen2 di konsolenya mysql, butuh waktu 2 hari beresin niy masalah maklumlah masih pemula :). ga tau dapet inspirasi dari mana iseng aku coba command kek gini

E:xamppmysqlbin>mysql -u root -h 127.0.0.1
Welcome to the MySQL monitor. Commands end with ; or g.
Your MySQL connection id is 3253
Server version: 5.0.45-community-nt MySQL Community Edition (GPL)Type ‘help;’ or ‘h’ for help. Type ‘c’ to clear the buffer.

mysql>

artinya host 127.0.0.1 bisa akses ke mysql πŸ˜€ tapi kenapa kok klo pake ‘localhost’ access denied, ada yg bisa kasi tau gak????? yah setelah melalui perjalanan panjang huehuehue… masalah terpecahkan. tinggal ngrubah ‘localhost’ jadi ‘127.0.0.1’ semuanya berjalan seperti biasanya.

wassallam…… πŸ™‚

8 comments ↓

#1 Ivan on 09.19.07 at 3:38 am

Oooooo.. gt yah.. ic.. ic..

#2 agustri on 11.18.08 at 11:13 pm

gimana kalau yang gak bisa access itu alamat ip.
jadi di hostnya itu diganti 172.16.37.126 (misalnya)
di kantor aq ngalamin seperti itu, dan error. pusing nih πŸ™‚ blum ketemu.

#3 thelo on 11.27.08 at 9:06 am

@agustri share errornya dung :D, host situ juga gak yg megang?

#4 zee on 03.09.09 at 7:39 am

cara ngerubah localhost nya gimana?

#5 blackcloud on 05.11.10 at 4:35 pm

saya make ubuntu gan cobak di cek di /etc/mysql/my.cnf
cari baris yang isinya 127.0.0.1 cobak di comment aja menjadi #127.0.0.1

========================================
thanks masukannya gan πŸ™‚

#6 hacker on 01.26.11 at 2:58 am

om gmn sih caranya ngadepin php error kaya gitu…pusing nh

========================================
errornya apaan dulu om? tuh diatas ada beberapa masukan πŸ™‚

#7 tomx on 04.07.11 at 3:21 pm

caranya grantvilages ulang ajah user nya !! kemungkinan seperti itu, jgn lupa di grant juga user Any dan host %.
kalau sudah nanti user dari HOST lain bisa connect pakai ODBC.

selamat mencoba

#8 nanxz on 01.13.12 at 11:05 am

tinggal ngrubah β€˜localhost’ jadi ’127.0.0.1?..nice info gan..tengkiuw

Leave a Comment