mari menanam [kembali]

Sebenarnya ini sudah seminggu yang lalu, tapi gatel juga pingin pamer klo aku juga peduli pada kelangsungan bumi tercintah ini *uhukz..*. yup, menanam, acara ini bertajuk “Bali Reboisasi Festival” gak terlalu ribet kok, kita cuman diminta menanam, bibit sudah ada, lubang tanam juga sudah disediakan, pupuk juga sudah tersedia, jadi cuman datang ke lokasi, bawa bibit, tanam dan siram, sesederhana itu untuk berusaha menjadikan bumi kita hijau kembali, TOP!

kita harus menanam kembali
hijau saat ini dan nanti
kita harus menanam kembali
satu saja sangat berarti
tanam saja

nostress – tanam saja

Namun ada sedikit apes ketika berangkat menuju lokasi di pura bukit jati, lereng gunung batur kintamani, kami ber 6 (aku+bojoku, barry, lean, irma, mbak lulu) dapat mobil kloter kedua untuk bertolak dari denpasar menuju lokasi kami menginap, apesnya adalah sang mas driver sedikit over ketika nyetir, serasa main need for speed, istilahnya gas pol rem pol, nge-gas langsung ngepol dan nge-remnya juga langsung pol. nge-rem mendadak tidak sekali dua kali kami rasakan, beuh….. seumur-umur mabok naik mobil cuman sekali ini saja, dan adrenalin (baca:deg-degan) kayak di tarik ulur, naik turun (banyak naiknya) secara drastis, herannya mas driver ini merasa dan mengaku klo bawa mobil agak serabutan dan blom pernah tau juga medan ke lokasi tapi tetep kekeh gak mau diganti nyetir, tawaran barry untuk menggantikannya cuman dia jawab “saya coba dulu deh ya” dan serasa tanpa dosa berucap “banyakin berdo’a ya!”, HAH MAKSUDLOH!!! klimaxnya ketika mobil terperosok masuk lubang saat mobil mau balik arah karena memang terlewat beberapa meter dari lokasi menginap kami (toya devasya), sepersekian detik kayak melayang aja pas benturan itu terjadi peh….. tidak menyalahkan si mas juga siy karena memang lobang tidak ada penanda dan kebetulan sekali lampu mati, jadi ya anggap saja apesnya kami. Untuk mengeluarkan mobil dari lobang biadab itu, kami semua harus turun dan membantu mendorong dengan sedikit mengangkat bagian depan mobil. Syukur alhamdulillah kami selamat sampai lokasi menginap tanpa lecet, hm… wakakakakakak…. pengalaman saat itu pokoknya sesuASU banget!!!

Aku ikut dalam balioutbound yang diminta untuk jadi korlap pada saat penanaman, satu korlap membawahi 20 peserta tanam dan bertanggung jawab memandu peserta menuju lokasi tanam serta memastikan bahwa bibit ditanam dengan benar. target bibit yang ditanam sebanyak 5000 bibit, tapi pada saat penanaman pihak panitia kasi info kli bibit nambah 1000 jadi total adalah 6000 bibit yang harus kita tanam, mengenai lokasi/medan tanam dan cara menanam yang benar bisa di lihat di mari 😀 (males ngetik). peserta klo saya kira-kira mungkin 700-an orang dari berbagai latar, ada bulenya juga lho. artinya orang asing saja begitu pedulinya terhadap penanaman kembali seperti ini, lalu kenapa kita tidak?

Secara keseluruhan acara bisa dibilang sukses, namun sedikit miris juga ketika semalam pada saat acara akberbali (@akberbali) ngobrol dengan teman yang dari kintamani dan bilang klo sehari setelah penanaman, bibit-bibit tersebut ada yang dicabut kembali oleh penduduk sekitar karena lahan dialihfungsikan menjadi lahan pertanian, benar tidaknya saya blom cek juga siy, tapi memang dibeberapa titik saya lihat sudah dijadikan lahan tanam meraka. hm… sebenarnya hutan milik siapa? bolehkah mengalihfungsikan seperti itu? memang untuk urusan perut terkadang membuat orang buta, tuli, berlagak gak ngerti terhadap aturan, lebih-lebih mikiran kelangsungan hutan itu sendiri, mboh wes.

Pulangnya, bersukur mobil mas hendra masih bisa di tebengi, saya rasa sudah cukup hari itu bersitegang berkendara, buat mas driver yang kali saja baca, maaf ya mas bukan berarti saya tidak berterima kasih sudah dikasi tumpangan, terima kasih sudah menumpangkan kami dengan selamat sampai tujuan meski dengan sedikit (banyak ding) horor selama perjalanan 😀 , sebenarnya saya juga tidak bisa nyetir mobil, namun kalo boleh saran, lebih bijak dan hati-hatilah dalam mengendarai kendaraan, ingat juga ketika ada penumpang didalam mobil, artinya sampean tidak sendiri, ada banyak nyawa di kemudi sampean, sekali lagi maaf ya mas 🙂

berikut dokumentasi yang sempat saya jepret

3 comments ↓

#1 a! on 12.13.11 at 4:56 pm

besok2 tanya dulu sama sopirnya, om. dia suka main apa di komputer. kalo sukanya kebut2an ya wajar. 😀

#2 Riski on 05.17.15 at 9:58 am

heheheh ada saja 😀

#3 hobby airgun on 10.13.16 at 4:34 pm

salam kenal gan.!!

Leave a Comment