pitulasan ala bbc

pitulasan kali ini terasa berbeda hehe… klo yg tiap tahunnya cuman upacara bendera trus ikutan lomba² tingkat rt sampai tingkat kabupaten (propinsi gak pernah melok !) tapi kli ini sayah ikutan baksos ke rsj bangli bareng bbc (bali belog-ger community) gak tau kenapa yg dipilih kok rsj, entah mo studi banding antara perilaku para blogger dengan penghuni rsj haha.. atau spontanitas untuk sekedar berbagi dengan mereka penghuni, apapun itu salut buat bali blogger yg sudah punya acara seperti itu, yah paling gak kita tau bagaimana kondisi disana, klo denger dari sambutan yg dibacain siy initinya pihak pengelola merasa kewalahan menangani pasiennya terutama dari sisi biaya, entah hal itu benar atau cuman sekedar wacana saja saya tidak tau. baksos minggu lalu bbc berhasil ngumpulin beberapa kardus indomie (indomie, mie sedap pa sarimie ? gak jelas), 106 paket peralatan mandi (sikat, pasta, 2sabun), pakaian bekas layak pakai, dan sejumlah uang untuk disumbangin ke pihak rsj dengan harapan akan sampai ke tangan yg bener² membutuhkan.

banyak banget cerita yg menarik terjadi di sana dan sudah banyak pula yg sudah posting dengan gaya dan bahasa mereka masing², fenny dengan “tawa dan haru bali blogger di rsj”, yudi dengan “pasien rsj ternyata ga gila gila amat”, ahead dengan “17 agustusan ke rsj ajahh yuk”, mas anton dengan “bertemu jenderal di rsj bangli”, om hendra dengan “Sakit Jiwa (Gila) adalah penyakit, Mereka bukanlah Sampah” dan banyak banget gaya cerita yg bermunculan sehubungan dengan baksos kemaren, dan kali ini giliran sayah bercerita dengan gaya sayah sendirih hehe…., lets start dude… halah =))

start dari kisara (belakang pizzahut gatsu timur) jam 9an lebih yg ternyata molor dari jadwal awal keberangkatan yeah biasalah jam indonesia menuju ke bangli kota dimana lokasi berada haha.. berhubung saya juga nebeng jadi gak ngerti dilewatin mana saja tau² udah nyampe di rsj bangli. suasana menjadi sedikit romantis (cuih, romantis…!) tidak lain tidak bukan karna gerimis yg datang gak ngasi kabar lebih dulu, tapi beruntung karna naek mobil dan kasian temen² yg bawa motor, ugh… kalian ngeyel siy disuruh nebeng aja samaan naek mobil. nyampe disana kita langsung di persilahkan menuju ke ruang pertemuan untuk sekedar basa-basi sebentar dengan pengurus disana, dari sambutan yg diberikan oleh bapak … em.. lupa namanya ^:)^ yg aku masi inget ada beberapa terapi kesembuhan yg diterapin disana diantaranya terapi obat dan psikis tapi blom ada terapi musik seperti yg diterapin di luar negri sono ah… alasan kembali ke masalah dana lagi prettttttttttt !!!, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolik yg diwakili oleh sakti trus lanjut photo narsis bareng, abis ntu langsung meluncur ke sal penghuni, disini mulai seru …, rombongan terpecah menjadi dua, satu ke sal cew dan satunya lagi ke sal cow, kebetulan sayah dapet rombongan yg ke sal cowok.

baru masuk ke sal, yg aku rasain ngeri euy … ntah perasaanku aja ato emang beneran, ugh…!
disana ada beberapa petugas jaga yg nyambut dan kemudian mereka memanggil beberapa pasien untuk di dudukkan ddi depan kita, saya gak tau maksudnya apaan kok kesannya mereka dijadikan obyek tontonan argh…!!! melihat wajah mereka, yg saya tangkap waktu itu adalah wajah² ketakutan, gak ada keceriaan atopun kepolosan khas orang gila, sama sekali, bener² cuman mimik ketakutan doang, kenapa dengan mereka ???. dari situ niatku untuk ngobrol dengan mereka langsung pudar, hanya kasihan, iba dengan penderitaan yg terpancar dari kerutan wajah mereka, ya Allah…!!! misi berangkat yg maunya ketawa-ketiwi langsung hilang, tapi itu gak lama hehe… setelah selesai di sal itu kemudian lanjut ke sal yg katanya di khusukan untuk pasien yg masih temperamental, yang masih galaklah kasarnya, disitu terkumpul berbagai karakter org gila yg jujur baru tau klo orang gila ternyata punya karakter berbeda-beda huahahaha… awalnya aku kira gila ya gila aja hehe… lebih heran lagi mereka masih inget lho ma lagu kemerdekaan, kmudian acara dilanjut dengan makan siang tapi gak barengan ma pasiennya haha.. gak bisa bayangin rebutan makan sama mereka 🙂 .
selesai makan acara dilanjut dengan game² kecil yg kemudian diselingi dengan performance animo band, lucunya lagi enak nyanyi eh… mendekat dua orang pasien yg ngotot pengen nyanyi hihihi… seru euy… sumpah… !!! beberapa permainan yg aku inget, lomba jalan sarung (bener ya?) yg pesertanya cuman blogger doang, kemudian lomba sepak bola mini pake kamen/sarung bali yg gak aturannya gak ada aturan haha… bisa aja niy om anton bikin aturan, yg lucu tuh dokter oka, gak tau sarungnya yg kekecilan apa orangnya yg … sorry dok 😀 , kemudian ada lomba lari kelereng trus lomba niup balon sampe pecah, pokoknya seru dan dijamin bikin ketawa, melihat tingkah laku mereka, kepolosan mereka, hahaha… klo awalnya mereka yg jadi obyek nah pada saat game² kecil tadi aku rasa malah kita yg jadi tontonan mereka, ato jangan² malah kita yg dianggap gila sama mereka, nah lo…

yah… cuman itu yg bisa aku critain, susah rasanya ngungkapin sebuah kegembiraan, keceriaan lewat sebuah tulisan, mengungkapkan isi hati mungkin lebih baik dengan berbicara huehue…. !!! lagian udah banyak cerita yg menyangkut baksos kemaren itukan hehe… yang bikin sedikit jengkel setiap papasan sama pasien yg emang udah dibolehin keliaran, mereka selalu bilang gini “mas punya rokok nggak? bagi dong…” atau yg seperti ini “mas, punya uang kecil gak? buat beli rokok” argh… mereka juga masih bisa ketagihan rokok…!!! dan kenapa pertanyaan seperti itu yg mereka kluarin pertama hanya untuk sekedar menyapa??? dasar orang yg aneh…..!

udah ah, … MERDEKA…!!!

photo² bisa dilihat disini atau nang kene lan teng mriki

15 comments ↓

#1 Hendra W Saputro on 08.19.08 at 12:32 am

Bli Bowo, coba klo naik sama saya, di pickup, pasti inget jalannya. Suspensi pickup tidak akan memberikan kesempatan kepada penunggangnya utk terlelap, sedikitpun ! Hahahaha. Dan serasa goyangannya adalah menstimulus otak kita utk tetap bekerja. Ya itu, mengingat jalan. La kemarin bli bowo naik mobil mewah suspensi yahud, maka terlenena. Kadang, barang mahal bikin kita belog .. Hwaaaaaaaaaak hahahahaha.

#2 anton on 08.19.08 at 12:40 am

horeee. bowo akhirnya nulis juga. 😀

#3 fenny on 08.19.08 at 12:59 am

MERDEKAAAAAAAA!!! acara ini tepat sasaran… buat kamu khususnya, biar konsisten dalam hidup… *kaburrrrrr*

#4 ahead on 08.19.08 at 3:37 am

wo, kok waktu itu aku perhatiin kamu sering ngobrol sama orang disana nyambung banget ya wo… wih mantap! haha!!

#5 b0w0 on 08.19.08 at 3:55 am

@om hendra, sedelapan banget om “barang mahal bikin kita belog” dalam artian kita bakal dua kali lipat nyesel semisal terjadi apa2 sama tuh barang hehe…
@om anton, ah om ini bisa ajah, kan malu om …
@fenny, kebalik jeng, kmu tuh yg musti konsisten !!! wakakakak piss…
@ahead, orang yg mana dulu niy pluk? pasien pa peserta? ah, kmu juga ga sebawel yg aku kenal, apa takut dikenalin temen2mu yg disana???

#6 dipoetraz on 08.19.08 at 5:37 am

loh… form registrasinya ga jadi disetor??
*lariiii*
btw acaranya emang keren uhuyy… *komeng mode:on*

#7 sakti soe on 08.20.08 at 12:28 am

Hyahaha…blogwalking kemana mana teteup aja semuanya bikin ketawa…mas bowo juga lucu amat ceritanya *chuckling* lagi yuk mas…

#8 Cerita Bali Blogger ke Rumah Sakit Jiwa Bangli | I Made Yanuarta DPY on 08.20.08 at 9:34 pm

[…] 10. Bowo Gemblong […]

#9 yudi on 08.21.08 at 8:36 am

maap telat komen, barusan pulang kampung galungan 😀

merdeka!!! 😀

#10 okanegara on 08.21.08 at 9:01 am

saya pikir kita jangan terlalu sering ke RSJ. cukup kali ini saja.sepertinya semua pada senang ke sana. yang saya takutkan nanti akan terjadi pertukaran penghuni kalau dilihat dari gelagatnya kemarin…

#11 aya on 08.22.08 at 4:13 am

wah sukses nich acara bloger Bali …

#12 p3durungan on 08.24.08 at 3:22 am

Muantapfff, Balineese emang oke, kapan nih blogger di kota laen menyusul?

#13 noped on 08.29.08 at 5:04 am

Weww…………………….
Misi yang bagus buat Bali Bloggersss………
untung om bowo pulangnya tetep waras.. xixixixiixii……….
Moga lain waktu kalo ada acara bali blogger saya bisa ikudd

#14 ansella on 09.01.08 at 11:39 pm

wah wah…ternyata banyak juga yang berobat jalan ya ^^

*nyengir trus kabur*
gyahahaha

#15 Bhongky on 09.14.08 at 8:13 am

Bagus juga idenya, disaat orang berlomba-lomba ke Panti asuhan dan ke Panti Jompo, dan mereka lupa masih ada juga orang lain yang butuh perhatiaan walau mereka hanya orang gila.
Salut buat Bali Blogger.
Tetap semangat

Leave a Comment