curhat ramadhan

ramadhan, bulan yang paling di tunggu oleh sebagian umat di penjuru dunia, begitu istemewanya ramadhan hingga beragam cara dilakukan orang untuk menyambut datangnya bulan penuh rahmad, penuh ampunan, penuh kemuliaan ini. saling bersahutan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa sekaligus ucapan permohonan maaf lahir & batin seperti ketika masuk ke pasar burung wuih rame rek saling sahut pokoknya, tapi kenapa harus menunggu ramadhan klo cuman untuk meminta maaf hehe.., ntah sudah berapa kali sms masuk ke dalam inbox hp-ku mengenai ucapan² ini dan egoisnya haha…. tak satupun aku membalasnya *maap² ga punya pulsa 😀 *. tak kalah ramainya dengan sms, situs jejaring sosial semacam facebook pun di jejali oleh status mengenai ucapan² itu, saling bales menulis di wall seseorang, saling berkirim kartu electronic hm… pokoknya ruame. . . . . ., belum lagi stasiun tivi yang menanyangkan beragam tayangan terkait bulan ramadhan ini, mulai dari opera van java sahur sampai kiamat sudah dekat artinya ada yang bersifat menghibur sekaligus ada juga yang mendidik.

ada beberapa uneg² yang harus aku keluarin disini hehe curhat ah…, kali aja ada yang sama gemblungnya. kenapa hanya ada satu bulan suci (ramadhan) kok ndak semua bulan disucikan, dijadikan bulan penuh rahmad, bulan penuh ampunan semua jadi gak cuman di satu bulan ini saja, bisa saja kan orang berpikiran untuk berbuat dosa sebanyak²nya toh ada waktunya nanti untuk menyucikan diri kembali kan, jiakakkakak gemblung, sanggahan dari pikiran gemblungku tadi  siy begini, umur manusia kan ga ada yang bisa memprediksi, mungkin sebelum memasuki bulan penuh ampunan ini tuh manusia udah dipanggil duluan untuk menghadap mempertanggung jawabkan perbuatannya kan mungkin saja hahaha… kayaknya apes banget tuh orang  😀

Trus ada lagi fenomena panti asuhan yang kebanjiran order untuk berbuka puasa bersama, bahkan harus ngantri dan ngatur jadual dulu jauh² hari dengan pihak panti wew… artinya dari sisi positifnya semakin banyak orang santun maupun menyantuni atau bahkan menjadi santun di bulan ini, konon kabarnya siy pahala yang didapat bakalan berlipat ganda haha entah itu benar apa ndak atau mungkin cuman dibikin untuk penyemangat saja hehehe… aku gak ngerti 😛 , artinya dalam perbuatan itu masih ada pamrih didalamnya kan, ya pahala yang dilipat gandakan itu tadi, bukankah segala sesuatunya seharusnya murni karena Allah dan dilakukan semata-mata karena Allah, ya tanpa pamrih tentunya kan 😀

udah ah sebelum semakin ngelantur huehue mending saya sudahin sesuatu yang ga jelas seperti ini, akhir kata “selamat menunaikan ibadah puasa, semoga mendapat berkah di bulan yang penuh rahmad ini” nah kan pamrih lagi hahaha… ga ngerti wes intinya “selamat menjalankan ibadah puasa :)”

16 comments ↓

#1 mastri on 08.24.09 at 3:32 am

hahhaha…
yang enggak ngerti… ada yang ngucapin selamat berpuasa, mohon maaf lahir dan bathin…
lha, mo puasa kok kayak lebaran aja… trus nanti lebaran ucapannya apa ya???

=============================================================
wakakakkakaakk biasanya klo udah lebaran gitu ucapannya gini om “kosong² ya” sambil salaman ntah maksudnya hasil pertandingan mana yang diambil huehue….

#2 putri on 08.24.09 at 3:48 am

loh kok ga ada yang sms minta maaf ya ke hapeku? :p

yah, kan kalo pas ramadhan orang2 pada sadar masih mending wo,daripada sepang tahun ga sadar2.
Mungkin itu juga tujuan Allah ngasi kita bulan Ramadhan, karena manusia emang keseringan lupa… dengan adanya Ramadhan, semuanya jadi ingat… 😉 walopun ntar habis Ramadhan lupanya keseringan kambuh lagi… :p

Selamat berpuasa wo, semoga sukses puasanya sampai Lebaran tiba.. 😉

==============================================================
lah kan udah dijelasin disitu “dengan egoisnya ga satupun yg aku balas 😀 ”
ya ituwes put kenapa ga semua dijadikan bulan ramadhan aja biar selalu ingat kan 😉
selamat berpuasa dan semoga sukses juga 🙂

#3 -ia- on 08.24.09 at 10:09 am

syukurlah masih ada 1x Ramadhan.. drpd ga ada sama skali.
yg 1x itu aja syukur2 kalo puasanya ga bolong2.. syukur2 msh inget minta maaph.. syukur2 msh inget berbagi.. ;D (pisss..)

slamad puwasa yah, smoga puwasa kali ini lbh berkualitas dr tahun2 sblmnyah..

==============================================================
yukz mari disyukuri bareng² 🙂 ,menjadi manusia yg bisa bersyukur gak gampang kan 😀
selamat menjalankan ibadah puasa juga 🙂

#4 men bani on 08.25.09 at 4:39 pm

om wowo, ini nih buah curhat kalo om blum punya tante pendamping. apalagi skarang mo ditinggal nganten om yanuar. Om wowo diusir ndak ntar ya? hahahaha…


==============================================================
semoga ndak diusir, loh haha….

#5 noped on 08.25.09 at 6:10 pm

Lhohhhhhhhh…………….
Bowo puasa juga to ? kwekkkkkk kwekkkkkkkk kwekkkkkkkkkkkkk

==============================================================
mengenyek ente kiy ped wekekekekkeek

#6 tulank on 08.25.09 at 11:50 pm

Wok, bangun saur….!!

* lalu bowo bangun, membangunkan putri suruh masak eh bowo tidur lagi di dalem… (sambil nunggu nasi mateng katanya)


==============================================================
ah om ajus jiahahhaha jadi malu 😀

#7 ekabelog on 08.25.09 at 11:58 pm

setuju ma putri…. pengen ikutan puasa tpi mesti bangun pagi2 jam 4 buat sahur, saya nggak bisa…hehehe


==============================================================
segala sesuatunya klo ga dicoba dulu gak bakal tau bisa apa ndaknya hehe… 🙂

#8 anonymous on 08.26.09 at 3:34 am

“…kenapa hanya ada satu bulan suci (ramadhan) kok ndak semua bulan disucikan, dijadikan bulan penuh rahmad, bulan penuh ampunan semua jadi gak cuman di satu bulan ini saja,…”
kenapa… lha wong 1 bulan aja msh byk yg gak puasa,puasanya bolong2… gmn klo 12 bulan jadi ramadhan semua?
ato… bukannya yg jarang2 lebih ngangenin 😀 jd biar pd kangen suasana ramadhan ^_^ just my opinion yah


==============================================================
hehe hu’uh yg jarang² memang ngangenin, tapi nanti malah nglunjak “ah taon depan juga ketemu lagi kan” hihihi…

#9 Sugeng on 08.26.09 at 10:09 am

Ramadhan datang hati pun senang…… bla…bla….bla….. inget lagunya Tompi. Tapi kalo semua bulan jadi Ramadhan brarti gak laku artis dan ustadz pengisi acara di tipi dong 😆 . Tapi aq gak yakin klo mengulur-ulur waktu sampe Ramadhan taon depan, apa kita bisa ketemu 😕 . Selamat Menjalankan Ibadah Puasa. Semoga menjadi haji yang mabrur

==============================================================
artis dan ustadz mo ngisi acara kan ga harus pas rmadhan doang, jum`at misal kan masih bisa 😀 . Semoga menjadi haji yang mabrur

#10 enggalicious on 08.26.09 at 10:09 pm

klo gue dulu pas masih di malang jam 5an udah pkek bju koko pergi ke masjid ama tmen2 kost , ikutan buka bareng gratiss !!! hahah

==============================================================
yup, anda benar sekali, banyak bermunculan makanan gratis waktu puasa 😀

#11 pushandaka on 08.29.09 at 1:24 pm

Sebaiknya sih ramadhan dihapus saja wo. Kalau ramadhan ndak ada, berbuat baik ndak akan cuma dilakukan sebulan saja dalam setahun. Tapi setiap hari.

Hehe! Sumpah ini cuma guyon, tapi kalau ada yang sakit hati, tersinggung, marah, jengkel, dsb., saya minta maaf. Ini khan bulan ramadhan, masa’ marah sih? Hihi!

==============================================================
aku juga sempet berpikir dihapus atau disama ratakan saja gung huahaha…. madjoe…… !!!

#12 enggalicious on 09.02.09 at 12:15 am

hhehe, iya . facebook kmren sempet rame ucap ucapan gituan .. 😛

#13 ekads on 09.02.09 at 2:15 am

trus aku harus ngucapin apa dunk wo?
selamat berpuasa aja dech :mrgreen:

==============================================================
hu’uh aku rasa itu saja udah cukup, bwakakakakkakak thanksss 🙂

#14 sultan on 09.04.09 at 2:54 pm

woo’ bowoo….

Tolong lo PM gw broo

gw sultan temennya giga…
Ym : sultan_versi3

thanks

#15 Ike on 09.07.09 at 10:09 pm

hmmm jadi cukup tersentak aku bow bow baca ini :D, ayo aku kasih pr yah bow daripada aku ndalil ndek sini 😀 (piss), “kenapa harus menunggu ramadhan klo cuman untuk meminta maaf hehe..” >> karena memang ada sebuah tuntunan kalo pada saat kita memasuki bulan ramadhan, kita harus benar2 dalam keadaan bersih seperti lebaran itu loh bow (pr>> cari dalilna yah), “kenapa hanya ada satu bulan suci (ramadhan) kok ndak semua bulan disucikan, dijadikan bulan penuh rahmad, bulan penuh ampunan semua jadi gak cuman di satu bulan ini saja” >> justru kita ini adalah umat yang paling beruntung, karena ramadhan diperuntukkan bagi umat nabi muhammad saja (pr cari dalilna yah), dimana pada bulan ini adalah bulan dimana kitab suci alqur’an, kitab penyempurna (dari kitab2 yang terdahulu) di turunkan (pr cari dalilna yah), “konon kabarnya siy pahala yang didapat bakalan berlipat ganda haha entah itu benar apa ndak atau mungkin cuman dibikin untuk penyemangat saja hehehe…” >> bener dan bukan main2 jugak bukan hanya sebagai penyemangat saja (pr cari dalilna yah), artinya dalam perbuatan itu masih ada pamrih didalamnya kan, ya pahala yang dilipat gandakan itu tadi, bukankah segala sesuatunya seharusnya murni karena Allah dan dilakukan semata-mata karena Allah, ya tanpa pamrih tentunya kan >> ini pelajaran bagi kita, bagaimana kita beribadah itu apa betul murni karena Allah ato hanya mengharap surga dan takut neraka, Seperti yang pernah diucapkan Imam Ali kw, banyak orang yang menyembah Tuhan karena mengharapkan sesuatu. Ibadah dilakukan sebagai suatu investasi agar suatu saat Tuhan membayar hasil ibadah itu kepada mereka. Imam Ali menyebut ibadah orang yang mengharapkan pahala sebagai seorang pedagang. Ada juga orang menyembah Tuhan karena takut akan siksa-Nya. mereka takut menghadapi azab Tuhan. Menurut Imam Ali, ibadah mereka sama seperti pengabdian seorang budak belian kepada seorang tuannya. Ibadah yang hakiki adalah ibadah karena cinta. Itulah ibadah orang – orang yang merdeka.
Tasawuf adalah ilmu yang mempelajari cara menyembah Tuhan, bukan karena mengharapkan pahala-Nya atau takut karena siksa-Nya, melainkan karena kecintaan kepada-Nya. Junaid al-Baghdadi mendefinisikan tasawuf sebagai. “Engkau berusaha untuk selalu bersama Allah tanpa ada persyaratan apapun. Engkau ingin selalu bergabung dengan Allah tanpa pamrih apapun selain kebersamaan bersama-Nya >>more pls read on group Pusat Kajian Tasawuf Misykat. Ayo bow bow pr nya dikumpulkan disini jugak yah. kutunggu. semoga bermanfaat. syukron

#16 noped on 09.13.09 at 11:33 pm

bowo sering cari es cendol yahhhhhhhh

Leave a Comment